home

Minggu, 03 Maret 2013

Path Langgar Kerahasiaan Pemakai iOS dan Android





Komisi Perdagangan Federal (FTC) Amerika Serikat telah menjatuhkan denda sebesar US$80 ribu kepada layanan jejaring sosial Path karena menyesatkan pemakainya dan tidak memberikan pilihan kepada pemakai terhadap pengumpulan data personal.
Sanksi ini dikenakan karena FTC menilai Path telah melanggar Children’s Online Privacy Protection Act. Disinyalir oleh FTC bahwa Path telah mengumpulkan data terhadap sebanyak 3000 anak yang berumur di bawah 13 tahun tanpa persetujuan orang tuanya melalui aplikasi Path, baik untuk iOS ataupun Android.
Hal lain yang menjadi tuduhan FTC adalah Path telah melakukan proses pengumpulan data-data pribadi dari buku alamat telepon para pemakainya tanpa alasan jelas apa yang dilakukan oleh Path terhadap data-data tersebut.
Menurut FTC, Path diduga melakukan hal tersebut melalui fasilitas “Add Friends” yang muncul pada aplikasi Path versi 2.0 untuk iOS. Fasilitas “Add Friends” ini memungkinkan pemakainya untuk mencari teman-teman berdasar data pertemanan di Facebook, atau berdasar data orang-orang yang sudah tercatat pada buku telepon di telepon seluler pengguna, walaupun tidak mengaktifkan opsi “Find friends from your contacts”.
Tuduhan terhadap pelanggaran aturan kerahasiaan data pribadi pemakai yang dilakukan oleh Path juga pernah terjadi pada bulan Februari 2012 yang lalu. Saat itu Path melalui aplikasinya untuk iOS terbukti mengunggah data-data personal buku telepon pemakai ke server Path.
Beberapa hari kemudian, Dave Morin sebagai CEO Path meminta maaf dan segera meng-update aplikasi Path untuk iOS ke versi 2.0.6. Pada kenyataannya, FTC menilai updatetersebut tetap ada unsur pelanggarannya. Sampai saat ini, Path untuk iOS telah di-update per tanggal 1 Februari 2013 lalu menjadi versi 2.9.3
Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar